Rabu, 07 Maret 2018

Cara Memilih Sekuritas yang Baik

Fungsi sekuritas telah dibahas pada tulisan saya Cara Menabung Saham bagi Pemula. Kali ini akan ditelaah cara memilih sekuritas yang dapat Anda percaya sepenuhnya, dan menyediakan fasilitas- fasilitas yang membuat Anda nyaman dalam bertransaksi saham. Anda dapat bertransaksi saham dengan melalui broker atau bertransaksi sendiri menggunakan online trading. Fasilitas online trading sekuritas yang baik dapat diaplikasikan ke dalam komputer atau handphone. Aplikasi pada komputer untuk Anda bertransaksi online di kantor atau di rumah. Aplikasi dalam handphone untuk memudahkan investor untuk memantau saham atau portofolio yang Anda miliki saat di luar rumah atau kantor.

Cara memilih Sekuritas yang baik Anda dapat memperhatikan hal-hal tentang petugas sekuritas tersebut. Sekuritas yang baik mempunyai petugas yang baik juga, diantaranya mempunyai petugas yang ramah, mempunyai petugas yang jujur (tidak memanipulasi ataupun merekayasa informasi), karyawan sekuritas yang baik melayani nasabah dengan penuh tanggung jawab.

Pada umumnya sekuritas memungut fee beli sekitar 0,2 % dan fee jual sekitar 0,3 % dari nilai transaksi. Pungutan fee ini sudah termasuk iuran dan pajak.
 - Contoh Anda membeli saham ABCD sebanyak 1 lot(100 lembar saham) seharga Rp1.000,- per        saham,  sehingga Anda mengeluarkan dana sejumlah Rp100.200,-
 - Contoh Anda menjual kembali saham ABCD tersebut sebanyak 1 lot (100 lembar saham) tetap pada harga Rp1.000,-  Anda mendapatkan dana kembali sebesar Rp99.700,-

Fasilitas margin paling banyak 3 x dana pada rekening efek Anda, dan juga tergantung dari saham yang akan Anda beli. Sebagai contoh dana RDI (Rekening Dana Investor) atau disebut rekening efek. Anda Rp10.000.000,- maka Anda mendapat pinjaman modal Rp20.000.000,- sehingga Anda bisa membeli saham sejumlah Rp30.000.000,- Akan tetapi pinjaman hanya beberapa hari saja. Jika setelah beberapa hari belum menjual saham Anda, maka sekuritas akan menjual saham Anda secara paksa sejumlah Rp20.000.000,- Bunga pinjaman margin tersebut sekitar 36% pertahun.

Setoran awal sebagai nasabah sekuritas (rekening efek atau RDI) beragam, tergantung masing-masing broker, setoran awal minimal antara Rp5.000.000, sampai Rp10.000.000, 

Cara memilih perusahaan sekuritas yang baik, dan yang dapat membuat Anda nyaman dalam bertransaksi menabung saham mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
  • Mempunyai sertifikat sebagai Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE)
  • Setoran awal yang tidak terlalu besar
  • Menyediakan fasilitas online trading (untuk komputer dan handphone)
  • Penarikan dana yang cepat
  • Menyediakan fasilitas margin
  • Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit nasabah 
  • Dan yang paling penting tidak pernah mendapat sanksi.

                          
                              Perusahaan Sekuritas di BEI


Sekuritas ada 3 macam yaitu: BUMN, Milik Swasta, dan Milik Asing. Sekuritas milik BUMN diantaranya, PT Dana Reksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan BNI Sekuritas.Yang lainnya adalah milik swasta nasional dan milik asing. Untuk lebih mudah Anda dalam memilih sekuritas di kota Anda klik di http://yuknabungsaham.idx.co.id/perusahaan-sekuritas. Setelah Anda klik link tersebut di atas kemudian muncul PERUSAHAAN SEKURITAS. Di bawahnya PERUSAHAAN SEKURITAS DI KOTA ANDA. Anda tinggal pilih kota Anda dan klik cari, maka akan muncul Perusahaan-perusahaan sekuritas yang dapat Anda pilih. 

Pada pertengahan Maret 2018 ada 16(enam belas) broker suspend artinya broker tersebut diberhentikan sementara oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia. Hal ini tentu saja sangat merugikan nasabah, kerugian waktu itu sudah pasti. Para investor pasar modal belum tentu mengetahui apa jenis pelanggaran yang dilakukan oleh para broker suspend tersebut. Cara memilih perusahaan Sekuritas yang baik salah satunya menghindari perusahaan sekuritas yang dialami perusahaan sekuritas di atas.  

Rekening Dana Investor nasabah tidak disimpan oleh broker atau perusahaan sekuritas, tetapi di simpan KSEI (PT Kustodian Sentral Efek Indonesia). KSEI merupakan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di pasar modal Indonesia. 

Ada baiknya Anda bisa pertimbangkan untuk memilih sekuritas BUMN. Walaupun fasitas online trading nya tidak secanggih yang disediakan oleh sekuritas milik swasta ataupun sekuritas milik asing, tetapi keamanan dana RDI dan portofolio nasabah lebih terjamin. Walaupun fasilitas-fasilitas online trading yang disediakan oleh sekuritas milik BUMN lebih sederhana, tetapi sudah sangat memadai untuk Anda bertransaksi secara online trading.

Anda jangan sampai salah memilih sekuritas. Jika Anda salah memilih sekuritas bisa saja RDI (Rekening Dana Investasi) Anda diselewengkan, dimanipulasi, atau bahkan hilang sama sekali. Sekuritas yang Anda pilih jangan sampai bermasalah atau terkena sanksi berat dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), atau bahkan bangkrut. Untuk menghindari hal itu Anda harus berhati-hati memilih sekuritas. Untuk memilih sekuritas yang baik, Anda terlebih dahulu melakukan survey, datang ke beberapa sekuritas di kota Anda, minta penjelasan sedetail-detailnya, kemudian Anda bisa memilih salah satunya untuk mendaftar sebagai nasabah sekuritas yang Anda pilih. Demikian Cara Memilih Perusahaan Sekuritas yang Baik, untuk lebih memahami Belajar Menabung Saham Anda dapat pelajari artikel saya selanjutnya Memilih Saham untuk Pemula.
Semoga bermanfaat. 




2 komentar:


  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  2. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pinjaman peminjam di internet dari NIGERIA dan lainnya bagian dari AFRIKA,

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan Rp18,7 juta, untuk seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang Access Loan Firm, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari LADY ESTHER, jadi I Screams menuangkan dan menghubungi LADY ESTHER. via email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya diperintahkan untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit I dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp200 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER dengan baik melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus