Rabu, 21 Maret 2018

Inspirasi

     Bursa Efek Arab Saudi


Tadawul adalah bursa efek Arab Saudi. Buka hari Minggu sampai dengan Kamis pukul 10.00 --15.00 waktu setempat. Jumat dan Sabtu libur. Tadawul didirikan 19 Maret 2007.
Kehadiran investor asing diterima tahun 2015, setelah Tadawul berusia 8 tahun.

Sementara penilaian lain dari Wood Mackenzie Ltd, menyebutkan perusahaan paling berharga milik pemerintah Arab Saudi itu hanya 400 miliar dolar AS. Rencananya, pemerintah akan melepaskan 5% saham Aramco, atau sekitar 100 miliar dolar AS dengan valuasi 2 triliun dolar AS. Jumlah itu sebanding dengan cadangan devisa Indonesia.


Penjualan saham Saudi Aramco merupakan pekerjaan rumah pemerintah Arab Saudi yang tertuang Visi 2030. Pekerjaan lainnya adalah memperluas sovereign wealth fund menjadi pengelola dana pemerintah yang terbesar di dunia.


Kemajuan Teknologi

Memasuki abad 21 perkembangan teknologi semakin pesat. Dalam bidang kedokteran misalnya, manusia menemukan cara mengkloning hewan. Hal ini menimbulkan pro dan kontra sesama para ahli genetika itu sendiri. Bagi yang tak sependapat dengan hal itu mengkhawatirkan bagaimana nantinya jika manusia yang dikloning. Diperkirakan akan menimbulkan lebih banyak masalah  daripada penyelesaian masalah kehidupan manusia, dengan  ditemukannya cara kloning tersebut.

Kemajuan teknologi luar angkasa dengan diluncurkannya pesawat ulang-alik. Pesawat ini yang membawa manusia sampai ke bulan. Padahal jarak Bumi-Bulan sekitar 384.400 km. Sangat jauh kan? Satelit komunikasi seperti satelit Telkom dan Palapa mengorbit Bumi karena kemajuan teknologi luar angkasa.  Amerika dan Rusia berencana membangun stasiun luar angkasa. Sungguh ajaib.

Kemajuan teknologi luar angkasa ini dibarengi dengan kemajuan teknologi komunikasi digital. Teknologi komunikasi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu. Setelah melalui proses digitalisasi informasi yang masuk akan berubah menjadi serangkaian bilangan biner yang membentuk informasi dalam wujud kode digital. Kode digital tersebut nantinya akan mampu dimanipulasi oleh komputer. Contohnya adalah gambar kamera video yang telah diubah menjadi bentuk digital. Bentuk digital tersebut mewakili elemen gambar (pixel). Komunikasi digital mampu menjangkau ribuan kilometer.

Sampai dengan abad 21 banyak sekali ditemukannya berbagai teknologi untuk kesejahteraan umat manusia. Siapa yang menikmati? Kita semua dan anak cucu kita nanti. Kemajuan teknologi terjadi sambung- menyambung dari generasi ke generasi berikutnya. Sadar atau tidak, kemajuan teknologi juga mempengaruhi tatanan kehidupan manusia.

Kemajuan dalam berbagai bidang membutuhkan waktu yang sangat panjang, membutuhkan pengorbanan materi yang besar, dana yang sangat banyak, bahkan pengorbanan banyak jiwa dan raga. Manusia sanggup berkorban demi untuk mencapai tujuan atau impian mereka. Semua kemajuan teknologi dan kemajuan semua bidang, tentu saja sangat tergantung dengan istilah belajar. Belajar dalam praktiknya dikatakan dengan berlatih. Sebagai contoh, seorang petinju akan bertanding memperebutkan sabuk kejuaraan dunia WBA atau WBC, dsb direncanakan dalam 12 ronde. Untuk mempersiapkan pertandingan yang direncanakan hanya 12 ronde petinju tersebut belajar atau berlatih sampai 500 ronde bahkan sampai 1000 ronde dengan teman berlatihnya.

Belajar dan Menabung Saham

Warren Buffett, lahir pada 30 Agustus 1930, seorang investor.  Warren Buffett mulai menabung saham pada umur 11 tahun. Dalam awal bisnisnya Warren Buffett mengalami jatuh bangun. Kekayaan sekarang sekitar Rp620 triliun.
Lo Kheng Hong atau dijuluki sebagai Warren Buffet nya Indonesia, lahir di Jakarta 20 Februari 1959 dari keluarga yang kurang mampu, tinggal dirumah berukuran 4x10 mm. Lo Kheng Hong mulai membeli saham pada usia 30 tahun. Pada tahun 2012 kekayaannya sekitar 2,5 triliun. Sekarang menjadi berapa ya?

Beberapa contoh di atas hendaknya menjadi pelajaran bagi pelajar, untuk mempersiapkan ujian dengan sekitar 300 soal s.d. 500 soal, pelajar idealnya belajar atau berlatih mengerjakan soal sebanyak 12.000 s.d. 40.000 soal. Wadauuuuh pusiiiiing. Tapi itu jalan yang harus ditempuh untuk mencapai impian.

Begitu juga bagi Anda yang berniat mencapai impian sebagai investor sukses seperti Warren Buffett atau Lo Kheng Hong, harus selalu belajar menabung saham. Ada yang menyarankan setiap hari meluangkan waktu untuk belajar tentang menabung saham paling sedikit 3 jam. Sehingga dalam waktu seminggu belajar tentang menabung saham sebanyak  21 jam, atau selama 1 bulan  diperlukan waktu sekitar 90 jam untuk belajar menabung saham. Wadauuuuh ini lebih pusing lagi.


           Nasehat Warren Buffett
  • Anjurkan anak Anda untuk berinvestasi   
  • Dorong anak Anda untuk mulai belajar berbisnis
  • Jangan membeli apa yang tidak dibutuhkan, dan dorong anak Anda berbuat yang  sama
  • Jadilah apa adanya   
  • Berhematlah
  • Jangan Pamer, Jadilah diri sendiri & nikmati apa yang kamu lakukan
  • Uang tidak menciptakan orang tetapi oranglah yang menciptakan uang.
  • Hiduplah secara sederhana.
  • Jangan lakukan apa yang orang lain katakan, dengarkanlah mereka, namun lakukan apa   yang menurut Anda baik.
  • Jangan memaksakan diri untuk memiliki barang-barang bermerk, pakailah apa yang            sekiranya nyaman bagi Anda 
  • Jangan memboroskan uang Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan;
    gunakanlah uang untuk membantu mereka yang kekurangan.
  • Biar bagaimana pun orang lain tetap tidak dapat mengatur hidup Anda,
    Andalah yang mengendalikan hidup Anda sepenuhnya.
Dari pengalaman, yang rajin belajar akan lebih pintar daripada yang tidak rajin belajar, yang lebih hemat akan lebih kaya daripada yang tidak hemat. Seperti kata pepatah, Rajin pangkal Pandai, Hemat pangkal Kaya. Maaf ya, kalo Anda tidak percaya dengan pepatah itu lupakan saja. Walaupun semuanya itu tidak mutlak, karena keniscayaan hanya milik tuhan. Jika tuhan tidak menghendaki, tidak akan terjadi.

Contoh lain tentang usaha yang membutuhkan kesabaran, keuletan, dan pantang menyerah. Orang menanam padi, akankah berhasil sampai panen padi? Adakah orang yang sanggup menjamin bahwa orang yang menanam padi itu akan berhasil sampai panen? Belum pasti berhasil sampai panen, dan tidak ada satu orang pun yang berani menjamin berhasil sampai panen. Tetapi mengapa banyak orang tetap menanam padi? Silahkan Anda jawab sendiri.

Dari semua contoh di atas, semoga menjadi inspirasi bagi Anda. Untuk mencapai tujuan atau impian, diperlukan kesabaran, keuletan, dan pantang menyerah. Semoga bermanfaat.